Selasa, 28 Agustus 2012

Terbaru dari Blogger

Blogger sangat paham dengan kebutuhan para blogger yang selalu melakukan modifikasi blog agar semakin hari blognya akan berpenampilan semakin menarik dan semakin betah pengunjung berlama-lama di blog buatannya.

Dengan selalu melakukan update kebutuhan-kebutuhan akan semua blogger, kini blogger melengkapi gadget-gadget pada blogspot dan ada beberapa gadget baru diantaranya Popular Posts dan Blog's Stats.

Kedua gadget ini sangat bermanfaat bagi pemilik blog karena kedua gadget ini seorang blogger bisa dengan mudah mengontrol atau mengetahui perkembangan blog serta berkualitas atau tidaknya artikel yang ditulis sobat dalam blognya. Semakin sering dikunjungi oleh pengguna internet maka semakin berkualitas blog sobat tersebut, oleh karena itu tulislah artikel tentang ilmu-ilmu yang dikuasai sobat sehingga artikel-artikel yang ditulis di blog memiliki manfaat bagi pengunjung blog itu sendiri.

Untuk gadget Popular Posts berfungsi untuk menampilkan artikel mana yang paling banyak dikunjungi atau dengan kata lain artikel mana yang paling banyak mendatangkan pengunjung ke blog kita. Sedangkan Blog Stats Berfungsi menghitung Jumlah halaman Blog yang dilihat pengunjung

Berikut ini penjelasan cara memasang gadget Polular Posts dan Blog's Stats

Cara memasang gadget Popular Posts



1. Login terlebih dahulu ke blog sobat dengan akun sobat sendiri
2. Pada Dasboard klik Design
3. Klik Add a Gadget
4. Klik Popular Posts (atau klik pada tanda +)
5. Tulis Judul gadget (mis. Artikel terlaris/favorit)
6. Tentukan Most Viewed, All time untuk semua waktu, last 30 days untuk 30 hari yang lalu dan 7 days untuk seminggu yang lalu.
7. Untuk bagian Show Post Title and, Image Thumbnail berarti judul dan gambar ditampilkan jika ditambah dengan Snippet maka selain Judul dan Gambar juga akan ditampilkan sedikit body teks atau artikel pada paragraf pertama.
8. Tentukan jumlah artikel yang akan ditampilkan pada menu Display up to 10 post(s). Ubah angka sepuluh sesuai dengan keinginan sobat untuk menampilkan berapa artikel yang akan ditampilkan pada gadget ini.
9. Klik Save


Cara memasang gadget Blog's Stats

1. Seperti pada langkah memasang gadget Popular Posts, Login terlebih dahulu ke blogger
2. Klik Add a Gadget
3. Klik Blog's Stats atau (klik pada tanda +)
4. Tentukan Judul atau biarkan seperti Total Pageviews
5. Tentukan Time Period, apakah All Time, Last 30 Days atau Last 7 Days
6. Tentukan pilihan Style (bentuk tampilan) yaitu hanya berupa angka atau dengan grafik
7. Tentukan juga Style Options
8. Klik Save


Catatan : Untuk data Pageviews tidak bisa langsung tampil pada blog saat di pasang gadget Blog's Stats karena perhitungan pageviews-nya dilakukan saat pembuatan hadget tersebut.

Itu adalah cara untuk memasang gadget popular posts dan blog's stats.

Semoga artikel ini bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar